Panduan Penggunaan Flow Meter Positive Displacement

Positive Displacement Flow Meter (PD Flow Meter) atau flow mtr. pindahan positif dalam bhs Indonesia beri tambahan Anda solusi yang pas untuk aplikasi yang melibatkan cairan kental. Seperti minyak, bahan bakar, dan pelarut. Jenis flow meter lainnya akan terlalu sulit untuk mengukur model cairan kental tersebut.

PD Flow Meter beri tambahan akurasi tinggi, pembacaan yang tidak tergoda viskositas, serta tidak beri tambahan beberapa syarat pipa hulu untuk pemasangannya.

 Alat ini banyak digunakan sebagai pengukur air tempat tinggal tangga serta pengisian batch cairan dan gas.

Bagaimana Cara Penggunaan PD Flow Meter?

Flow Meter Adalah alat yang punyai dua roda gigi penyambung mesin presisi yang berputar di dalam ruang pengukuran, dan mengkalkulasi putaran roda gigi untuk pilih laju aliran volumetrik cairan.

Setiap desain pindahan positif menggunakan langkah yang tidak sama untuk mengisolasi dan mengkalkulasi volume ini.

 Pengukur aliran pindahan positif ini bermanfaat sama bersama dengan pompa pindahan positif. Kecuali bahwa dalam pompa pindahan positif, roda gigi menggerakkan fasilitas cair dan dalam pengukur aliran PD, fasilitas cair menggerakkan roda gigi.

Semua flow meter ini punyai akurasi tinggi (hingga ┬▒0,1% pembacaan), pengulangan yang terlalu baik (hingga 0,05% pembacaan), rasio turndown yang lebar hingga 100:1, dan kapabilitas untuk mempertahankan tingkat kinerja tersebut.

Komponen dan Fungsi PD Flow Meter

Teknik pindahan positif adalah tidak benar satu teknologi pengukuran aliran tertua yang ada dan sudah digunakan selama lebih dari seratus tahun.

 Terdapat beberapa komponen utama yang ada pada PD flow meter, di antaranya: lubang masuk (port inlet) dan keluar (outlet), ruang ukur, dan satu atau lebih roda gigi. 

Pertama-tama, aliran cairan akan masuk lewat port inlet dan mengaktifkan roda gigi. Kemudian, kecepatan putaran rotor sama bersama dengan arah dan daya aliran fluida, tanda terdeteksi oleh pemancar yang terhubung. Setelah itu, cairan akan keluar dari lubang outlet.

Selama ini, bermacam model pengukur PD menggunakan bermacam macam roda gigi, layaknya roda gigi bulat, roda gigi lobus, roda gigi heliks, dan elemen putaran cakram mur.

 Penggunaan roda gigi ini bertujuan untuk mengakibatkan segel di dalam ruang pengukuran. Hal ini untuk menegaskan bahwa semua cairan diukur secara akurat sebelum keluar.

Manfaat PD Flow Meter

PD Flow Meter punyai banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

-Keandalan

Jika Anda pilih flow mtr. yang pas untuk aplikasi Anda, dapat dipastikan selama bertahun-tahun Anda akan bebas dari kasus berkenaan produk ini. Alat ukur yang sudah digunakan selama bertahun-tahun, seringkali ulang dalam sistem pemeliharaan dan Kalibrasi Flow Meter ulang. Dengan keandalan yang tinggi, Anda tidak wajib kuatir ulang mengenai kerusakan yang berlangsung pada flow mtr. Anda

-Akurasi

Selain keandalan, PD flow meter terhitung punyai akurasi yang tinggi. Dengan tingkat akurasi tinggi, jarak bebas antar permukaan penyegelan senantiasa terjaga. Semakin tinggi tingkat akurasinya, semakin kecil jarak bebasnya.

-Perawatan yang Mudah

Sering laksanakan perawatan pada aplikasi sebenarnya memadai berat. Oleh sebab itu, PD flow mtr. punyai tingkat perawatan rendah. Jika flow mtr. mengolah cairan pelumas yang baik, maka Anda dapat meminimalkan perawatan rutin. Sebaliknya terkecuali cairan pelumas buruk, maka sudah pasti Anda akan laksanakan perawatan rutin.

-Rentang dan Pengulangan

Manfaat lain dari PD flow mtr. adalah kemampuannya untuk mengolah rentang viskositas yang besar dan tidak jarang mengalami tingkat akurasi yang lebih tinggi waktu mengolah cairan viskositas tinggi.

Keterbatasan Flow Meter

Di samping beberapa keunggulan, ada pula keterbatasan dari produk satu ini. Pertama, cairan yang mengandung partikel besar tidak boleh menggunakan alat ini. Perlu terdapatnya penyaringan khususnya dahulu sebelum cairan masuk ke ruang pengukuran.

Selain itu, PD flow mtr. terhitung tidak cocok untuk aplikasi di mana terkandung banyak kantong hawa di dalam cairan. Meski begitu, eliminator hawa masih ada untuk aplikasi ini.

Hemat Daya, Fungsi Optimal

Salah satu alasan mengapa pilih PD flow mtr. adalah dapat bermanfaat tanpa daya. Tidak wajib ulang mengalirkan daya ke meteran sebab aliran total dapat dipantau secara akurat di hampir semua unit teknik yang di idamkan pengguna.

Sebagian besar flow mtr. sensitif pada turbulensi. Artinya, sejumlah pipa lurus dan kaku wajib terpasang baik di hulu maupun di hilir mtr. untuk mengurangi turbulensi dan mengukur aliran secara akurat. Namun, Positive Displacement Flow Meter tidak punyai beberapa syarat ini.