Contoh Kompetensi Keahlian dalam CV yang Menarik Perhatian HRD

Penulisan keahlian dalam CV menjadi anggota urgent pas melamar kerja. Karena tidak cuman melihat pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan, HRD juga dapat melihat apa saja hard skill dan soft skill kamu.

Hard skill merujuk pada kebolehan anda dalam mengerjakan tugas. Sementara soft skill mampu menjadi gambaran layaknya apa anda dalam bekerja.

Hard skill sesungguhnya mutlak untuk selesaikan tugas yang berbentuk teknikal, tapi soft skill yang kuat juga mampu menjadikan anda kandidat kuat.

Lantas, apa saja model keahlian dalam CV yang perlu anda cantumkan? Yuk simak ulasan berikut!

Apa Itu Soft Skill?

Soft skill adalah karakter dan keterampilan interpersonal seseorang dalam menjalin hubungan sosial bersama dengan orang lain. Skill satu ini lebih menggambarkan berkenaan karakter dan kepribadian seseorang dalam berinteraksi bersama dengan orang lain.

Di dunia kerja, soft skill sangat diperhatikan untuk melihat bagaimana seseorang dalam lakukan tugasnya, terutama jika tugas berikut terkait bersama dengan rekan kerja lainnya.

HRD biasanya dapat melihat keseimbangan antara hard skill dan soft skill dalam CV. Contohnya, perusahaan dapat lebih menghargai seseorang yang tangkas dan mampu selesaikan pekerjaan bersama dengan pas waktu, punyai kebolehan komunikasi yang baik, atau mampu bicara di depan publik.

Perlu anda perhatikan juga, perusahaan dapat perhitungkan soft skill untuk melihat apakah anda sesuai bersama dengan budaya perusahaan dan staf lainnya. Oleh dikarenakan itu, menghindari memasukkan soft skill sembarangan dan bertolak belakang bersama dengan hard skill, ya.

Apa Itu Hard Skill?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, hard skill adalah kebolehan yang terkait bersama dengan teknis untuk lakukan pekerjaan. Kemampuan ini mampu diukur dan dipelajari bersama dengan menempuh pendidikan atau pelatihan.

Tentu saja hard skill merupakan faktor mutlak fungsi membantu karirmu ke depan. Contoh hard skill di antaranya menghitung, menulis, coding, digital marketing, dan sebagainya.

Contoh Soft Skill dalam CV

Tentu kita sudah sama-sama tahu, pada proses awal proses melamar pekerjaan, HRD dapat melacak kandidat berdasarkan CV, cover letter, dan dokumen lainnya.

Agar anda mampu lolos tahap ini dan memperoleh panggilan interview, berikut ini contoh keahlian dalam CV yang mampu anda cantumkan. Bisa dicatat, ya!

1. Kemampuan Komunikasi

Komunikasi merupakan contoh keahlian dalam CV yang mampu menarik perhatian HRD. Skill komunikasi ini termasuk kebolehan berbicara, negosiasi, menyampaikan ide, dan pendengar yang baik.

Terlihat sederhana, tapi ternyata punyai poin besar dalam membantu bekerja. Pasalnya anda tentu tidak selamanya bekerja sendirian.

Kemampuan menjalin dan melindungi komunikasi bersama dengan tim, atasan, klien adalah keharusan. Tanpa komunikasi yang baik tentu pekerjaan dapat terkendala dan perusahaan mampu merugi.

2. Kepemimpinan

Jika anda pikir punyai kebolehan ini perlu dulu menjadi pemimpin dulu, anda salah. Tanpa pengalaman memimpin anda juga mampu mengidentifikasi apakah anda punyai skill ini atau tidak.

Seorang yang punyai jiwa kepemimpinan biasanya orang yang mampu mengimbuhkan inspirasi, merubah orang lain, mengambil keputusan, dan menggerakkan seseorang untuk kesuksesan bersama.

Tentunya seorang pemimpin juga punyai sikap yakin diri. Sebab tanpa yakin diri yang tinggi, bagaimana anda mampu memperoleh kepercayaan dari orang lain.

3. Kerja Sama

Kerja mirip atau team work menjadi contoh keahlian dalam CV lainnya yang mampu anda masukkan. Kemampuan satu ini menunjukan kepada HRD bahwa anda mampu bekerja bersama dengan orang lain.

Bentuk skill kerja mirip adalah anda mampu mengimbuhkan masukan atau ide, mampu menjalin komunikasi yang baik bersama dengan rekan kerja, dan lainnya.

4. Manajemen Waktu

Tentunya perusahaan tidak mendambakan punyai karyawan yang tidak mampu bekerja bersama dengan cepat, selamanya gagal selesaikan tugas sesuai deadline.

Perusahaan dapat lebih suka pekerja yang punyai keahlian mampu memanajemen pas bersama dengan baik untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas.

Di lingkungan kerja yang serba cepat pas ini, menuntut semua untuk terlibat dan bergerak cepat. Oleh dikarenakan itu, skill manajemen pas menjadi hal mutlak yang perlu dimiliki dan dikuasai.

Lamar informasi Loker Tangerang

5. Perhatian pada Detail

Contoh keahlian dalam CV lainnya yang juga mampu menarik HRD adalah perhatian pada detail. Hal berikut dikarenakan pas bekerja kita dituntut untuk tidak lakukan kesalahan, dikarenakan kesalahan kecil maupun besar mampu berdampak bagi perusahaan.

6. Adaptasi dan Fleksibel

Contoh soft skill ini menunjukan kebolehan dan kemauan anda untuk menerima tugas dan tantangan baru yang diberikan bersama dengan tenang.

Karyawan yang mampu beradaptasi dan fleksibel mampu bersama dengan cepat membaur dan lakukan penyesuaian yang cepat pada lingkungan baru.

HRD biasanya melacak kandidat yang punyai kebolehan layaknya ini dikarenakan menunjukan kemauan, optimis, dan mampu menerima perubahan.

7. Inisiatif

Menjadi seorang pekerja tidak perlu selamanya menanti perintah atasan. Karena jika layaknya itu anda dapat diakui tidak mandiri. Perusahaan dapat lebih menyukai pekerja yang mampu mengidentifikasi kasus selanjutnya melacak solusi sendiri, pekerja layaknya ini dinilai lebih efisien dalam bekerja.

Sehingga inisiatif menjadi model keahlian dalam CV untuk meyakinkan HRD bahwa anda kandidat yang punyai kemandirian.

8. Menyelesaikan Masalah

Menyelesaikan kasus atau gangguan solving juga menjadi contoh keahlian dalam CV yang mampu anda cantumkan. Skill ini sangat mutlak dalam dunia kerja dikarenakan tidak mampu dipungkiri tersedia kalanya apa yang kita melakukan tidak sesuai rencana.

Dengan kebolehan gangguan solving, anda mampu mengidentifikasi masalah, melacak mengerti penyebab, dan pilih solusi untuk memperbaikinya. Kemampuan ini juga terlalu mungkin anda untuk mampu mengubah kasus menjadi peluang.

7 contoh keahlian dalam CV lainnya tidak cuman yang disebutkan di atas di antaranya:

Percaya diri

Disiplin

Kemampuan analisis

Negosiasi

Public speaking

Kemauan tinggi untuk belajar

Manajemen stres

Contoh Hard Skill dalam CV

Selain memasukkan soft skill, supaya HRD mampu mengerti anda punyai kebolehan teknikal, anda juga perlu memasukkan hard skill dalam CV. Berikut ini sebagian contohnya.

1. Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing adalah hal bernilai dalam dunia kerja. Kemampuan ini mampu menjadi pembeda antara anda bersama dengan kandidat lain.

Oleh dikarenakan itu, jika anda menguasai sebagian bahasa asing, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam CV. Tulis daftar bahasa apa saja yang anda kuasai dan melampirkan seberapa fasih anda menguasai itu.

2. Computer Skill

Contoh keahlian dalam CV seterusnya yaitu computer skill. Dengan memasukkan skill ini, HRD mampu melihat bahwa nantinya anda mampu bekerja bersama dengan baik.

Kemampuan computer yang mampu anda cantumkan dalam CV antara lain:

Microsoft Word

Microsoft Excel (Pivot Table)

Microsoft Outlook

Microsoft OneNote

Tingkatkan skill computer anda melalui kursus komputer online terpercaya melalui tautan ‘’ klik disini ‘’

3. Marketing Skill

Hard skill satu ini banyak diminati oleh perusahaan. Keahlian berikut meliputi penjualan, periklanan, riset konsumen, dan pemasaran online maupun offline yang baik.

Kamu mampu memasukkan marketing skill layaknya social tempat marketing, campaign management, content creation, dan lainnya.

4. Desain Grafis

Berikutnya contoh keahlian dalam CV yang mampu anda tulis yaitu desain grafis. Ini mutlak terutama jika anda mengincar lowongan desainer.

Untuk tunjukkan seberapa pakar anda dalam mendesain, masukkan juga sebagian tools yang biasa anda pakai dalam mendesain layaknya Photoshop, Illustrator, Figma, InDesign, Canva, dan lainnya.

5. Writing Skill

Kemampuan menulis juga mampu anda masukkan ke dalam hard skill di CV. Kemampuan satu ini mampu menambah karier pada pekerjaan apa-pun yang memerlukan penulisan terasa dari sebabkan laporan, presentasi, promosi, dan sebagainya.

Berikut ini sebagian skill menulis yang mampu anda cantumkan di CV:

Email writing

Storytelling

Copywriting

Business writing reports

Selain 5 hard skill di atas, berikut ini 10 hard skill lainnya yang mampu anda masukkan ke dalam CV:

Data analyst

Bahasa pemrograman

Video editing

Project management

Affiliate marketing

Data mining

Data engineering

CRM

Search engine optimization

Cloud computing